Kamis, 17 Desember 2015

TUGAS 2 TOU2 : PENDAPAT PRIBADI "PERAN KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI"


        

Untuk memenuhi Tugas TOU yang diberikan, saya akan memberi pendapat pribadi saya mengenai “PERAN KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI”, sebelumnya saya akan menjelaskan pengertian dari Komunikasi dan Organisasi.

Pengertian Komunikasi

Komunikasi adalah proses pengiriman dan penerimaan pesan atau informasi antara dua individu atau lebih dengan efektif sehingga dapat dipahami dengan mudah.
Istilah komunikasi dalam bahasa inggris disebut communication, yang berasal dari kata communication atau communis yang memiliki arti sama atau sama yang memiliki makna pengertian bersama. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian komunikasi adalah pengiriman dan penerimaan pesan atau berita dari dua orang atau lebih agar pesan yang dimaksud dapat dipahami. 

Pengertian Organisasi

Organisasi adalah suatu kelompok orang yang bekerja sama untuk tujuan bersama. Sedangkan secara terperinci pengertian organisasi adalah sebagai tempat atau wadah untuk orang berkumpuldan berkerja sama secara rasional dan sistematis, terencana, terpimpin, dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya baik uang, metode, material, dan lingkungan, dan sarana-prasarana, data dan lain sebagainya yang digunakan secara efisen dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi.

     Jadi bagi saya Peran Komunikasi Dalam Organisasi yakni Komunikasi dalam suatu organisasi selalu merupakan komunikasi timbal balik, demi kepentingan semua pihak. Dalam berkomunikasi kita menciptakan persamaan pengertian, ide, pemikiran, dan sikap tingkah laku kita terhadap orang lain. Jadi komunikator dan komunikan mempunyai kesamaan dan kesepakatan pesan sehingga menimbulkan suatu pengertian. Komunikasi sangatlah penting dalam kehidupan kita sehari-hari, setiap orang bertemu dan saling berbicara itu dinamakan komunikasi. Maka dari itu peran komunikasi sangatlah penting.

    Komunikasi dapat dilakukan oleh dua orang ataupun lebih, bertemunya dua orang ataupun lebih dapat memberikan informasi agar masing-masing orang dapat terhubung dengan baik melalui komunikasi. Dalam sebuah perkumpulan atau Organisasi peran Komunikasi sangat penting untuk saling memberikan pendapat agar tercapai sebuah tujuan bersama misalkan untuk memberikan solusi untuk organisasi kedepannya.

     Jadi bagi saya Peran Komunikasi Dalam Organisasi memiliki cara yang mudah untuk Komunikasi yang baik dan efektif dapat menciptakan iklim organisasi yang mendukung bagi organisasi tersebut untuk mencapai tujuannya.

   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar