Minggu, 18 Oktober 2015

TUGAS 1 TOU : KEUNTUNGAN DAN KELEMAHAN PT POS INDONESIA (PERSERO)

Keuntungan Pos Indonesia

Saya hanya akan membahas keunggulan dalam hal pelayanan pengiriman barang, untuk layanan lain saya kurang begitu memperhatikan karena jarang menggunakannya. Berikut keunggulan-keunggulan yang dimiliki Pos Inonesia selain yang sudah saya sebutkan:
1. Kantor Pos ada setiap kecamatan
Kantor pos di Indonesia jumlahnya sangat banyak, hampir disetiap kecamatan pasti ada. Pelanggan bisa dengan mudah menjangkau kantor pos untuk mengakomodasi keperluannya.
2. Tarif kiriman domestik update dan seragam
Antara tarif kiriman yang tercantum di website dan tarif di kantor pos selalu update. Setidaknya beberapa kali saya lacak di website hasilnya sama seperti kantor pos. Paling tidak ada selisih untuk admin kantor pos 1500. Hal ini memudahkan kita mengetahui tarifnya terlebih dahulu sebelum melakukan pengiriman. Selain itu antar satu kantor pos dengan kantor pos lain juga tarifnya tidak ada perbedaan.
Saya punya pengalaman tidak mengenakan dengan jasa pengiriman barang lain. Dikarenakan tarif yang tidak update antara website dan kantor. Saya cek harganya murah, pas sampai di kantornya tarif kiriman lebih mahal, sangat tidak mengenakkan bagi para pelaku bisnis online.
3. Kantor Pos pusat buka lebih lama
Enaknya lagi jika kita berada di kota, terlebih kota-kota besar. Kantor Pos pusat (di kota) buka lebih lama daripada kantor pos cabang (di kecamatan). Kantor Pos Pusat Denpasar contohnya, setiap hari senin hingga jumat buka mulai jam 8 pagi dan tutup jam 9 malam. Dan setiap hari sabtu buka sampai jam 7 malam. Kita bisa kapanpun mengirim barang sesuai waktu senggang kita.
4. Pelayanan prima
Saya pernah sekali mengirimkan barang urgent dengan alamat kantor pos pusat Denpasar. Jadi saya harus mengambil kiriman paket di kantor pos. Meskipun tidak diantar lansung ke rumah, barang saya aman di kantor pos. Saat kiriman datang petugas juga menginformasikan barang kita langsung. Pos Indonesia aman dan terpercaya.
5. Kiriman jumbo ada tarif khusus
Jika Anda mengirimkan paket besar ada tarif khusus yang diberikan oleh Pos Indonesia lebih murah. Yang dimaksud paket jumbo adalah kiriman yang isinya di atas 30 kilo. Mungkin karena bekerja sama dengan anak perusahaannya Pos Logistics, tapi saya kurang mengerti. Kiriman saya 75 kg dari Denpasar – Pekalongan dikenakan tarif Rp 6.000 / kg. Memang sedikit lebih mahal dari jasa pengiriman lainnya, tapi lebih aman.

Kelemahn Pos Indonesia
Setiap hal pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, termasuk dengan Pos Indonesia. Kekurangan dari Pos Indonesia yang saya tidak suka adalah pengantaran paket ke tujuan, di desa. Sistem pengantaran barang kiriman antara di desa dan kota itu berbeda. Kalau di desa biasanya Pak Pos menitipkan barang kita di kantor desa. Memang lebih memudahkan, tapi terkadang tidak ada pemberitahuan adanya kiriman dari pegawai kantor desa.
Meskipun bukan murni kesalahan dari kantor Pos, seharusnya bisa diatasi dengan menelpon pihak penerima apabila paket sudah dititipkan di desa. Setidaknya penerima bisa mengambil sendiri di kantor desa jika memang kiriman tersebut dibutuhkan segera.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar