Jenis bentuk organisasi yang ada pada PT POS INDONESIA (PERSERO),
menurut saya yakni adalah Organisasi Lini dan Staf
Struktur organisasi lini adalah bentuk yang paling sederhana dan
paling tua dalam organisasi. Struktur ini menggambarkan tekanan bahwa wewenang
organisasi dipegang langsung oleh manajemen puncak atau manajer atas yang di
terapkan pada karyawannya untuk mencapai keberhasilan. Namun demikian
manajer-manajer departemen masih diberi kesempatan untuk membuat pengambilan
keputusan bagi departemennya, tetapi tetap dalam komando manajen puncak.
Organisasi lini didasarkan atas dasar wewenang langsung.
Masing-masing manajer bertanggung jawab untuk mangumpulkan dan memproses
informasi yang akan dikeluarkan departemennya bersama-sama dengan asisten
manajer dan bawahan lainnya.
Struktur organisasi lini lebih tepat diterapkan pada organisasi
berskala kecil dengan lingkup dan volume kerja yang terbatas
Pada organisasi lini dan staff, manajer dalam membuat keputusan
dibantu oleh departemen personalia, departemen hukum dan departemen penelitian
beserta staffnya. Adanya garis koordinasi antara president atau manajer puncak
dengan departemen personalia, hukum dan penelitian menunjukkan bahwa staff
ketiga departemen tersebut diberi wewenang untuk memberi laporan segala sesuatu
tentang organisasi perusahaan kepada manajer puncak.
Pada struktur organisasi lini dan staff terdapat tipe
wewenang, yaitu :
- Manajer lini mempunyai
wewenang lini. Manajer lini mempunyai wewenang langsung atas operasional
departemen yang di bawahnya.Mereka mempunyai wewenang untuk membuat
keputusan dan untuk mendorong tindakan.
- Staff manajer memiliki
wewenang staff. Mereka dimaksudkan membantu manajer. Mereka tidak
mempunyai wewenang untuk memberikan perintah atau usaha agar manajer
membuat keputusan sesuai dengan keinginannya yang pasif pada manajer.
- Semua staff manajer diberi
wewenang fungsional. Mereka mempunyai wewenang untuk membuat keputusan
dalam menjalankan aktivitas khusus dengan personel-personel dari
departemen lainnya.
Organisasi Lini dan Staf adalah kombinasi dari organisasi
lini dan organisasi fungsional. Pelimpahan wewenang dalam organisasi ini
berlangsung secara vertikal dari seorang atasan pimpinan hingga pimpinan
dibawahnya. Untuk membantu kelancaran dalam mengelola organisasi tersebut
seorang pimpinan mendapat bantuan dari para staf dibawahnya. Tugas para staf
disini adalah untuk membantu memberikan pemikiran nasehat atau saran-saran,
data, informasi dan pelayanan kepada pimpinan sebagai bahan pertimbangan untuk
menetapkan suatu keputusan atau kebijaksanaan. Pada struktur organisasi ini
Hubungan antara atasan dengan bawahan tidak secara langsung
Kelebihan dan Kelemahan
Ciri :
- Hubungan atasan dan bawahan
tidak seluruhnya secara langsung
- Karyawan banyak
- Organisasi besar
- Ada dua kelompok kerja dalam
organisasi sehingga ditekankan adanya spesialisasi:
·
Personel lini
·
Personel staf
Keuntungan dari struktur organisasi ini adalah :
1) Ada pembagian tugas yang jelas
2) Kerjasama dan koordinasi dapat dilaksanakan dengan jelas
3) Pengembangan bakat segenap anggota organisasi terjamin
4) Staffing dilaksanakan sesuai prinsip the right man on the
right place
5) Bentuk organisasi ini fleksibel untuk diterapkan
Keburukan dari struktur organisasi ini adalah :
1) Tugas pokok orang-orang sering dinomorduakan
2) Proses decesion makin berliku-liku
3) Jika pertimbangan tidak terkontrol maka sering menimbulkan
nepotism spoilsystem patronage
4) Persaingan tidak sehat antara pejabat yang satu dengan
pejabat lainnya
SUMBER :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar