Kamis, 17 Maret 2016

MANAJEMEN


1.  DEFENISI MANAJEMEN OLEH PARA AHLI
a.  James A.F Stoner
James mengatakan bahwa “manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan upaya pengendalian menggunakan semua anggota organisasi dan organisasi sumber daya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.”
b.  Peter F. Drucker
Menurut Peter, Manajemen adalah alat serbaguna untuk mengelola bisnis manajer dan mengelola pekerja dan pekerjaannya. Tujuannya Itu adalah agar masyarakat khususnya dapat membuat sumber daya produktif, yaitu dengan tanggung jawab untuk kemajuan ekonomi terorganisir.

Sumber :

2.  FUNGSI MANAJEMEN
    a.  POAC (Planning, Organizing, Actuating, Control)
  • Planning (Perencanaan)
Planning atau perencanaan merupakan suatu dasar dalam manajemen untuk membangun semua bidang manajemen. Suatu perusahaan memerlukan kegiatan untuk mencapai tujuan dan sasaran perusahaan yang akan dituju.
  • Organize (Mengatur)
Organize mempersiapkan dan mengatur semua sumber daya sebelum diterapkan dan pengambilan tindakan yang telah ditetapkan dalam tahap perencanaan.
  • Actuating (Mengarahkan)
Actuating (menggerakkan) adalah hubungan antar pemimpin dengan bawahan untuk memahami dan berkontribusi secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan organisasi dalam manajemen.
  • Control (Mengendalikan)
Proses yang dilakukan untuk memastikan seluruh rangkaian kegiatan yang telah direncanakan sejalan dengan tujuan perusahaan. Hal ini diperlukan untuk membandingkan ke arah yang telah ditetapkan.

b.  POLC (Planning, Organizing, Leading, Controling)
  • Planning (Perencanaan)
Perencanaan atau planning adalah fungsi dari manajemen yang melibatkan pengaturan tujuan dan menentukan tindakan untuk mencapai tujuan tersebut. Perencanaan memerlukan manajer untuk menyadari kondisi lingkungan yang akan dihadapi organisasi dimasa depan.
  • Organizing (Pengorganisasian)
Pengorganisasian adalah fungsi dari manajemen yang mengembangkan struktur organisasi dan sumber daya manusia untuk mencapai tujuan organisasi.
  • Leading (Pengarahan)
Pengarahan adalah fungsi dari manajemen yang melibatkan dan mempengaruhi orang lain untuk mengambil tindakan yang diambil oleh orang lain. Manajer memimpin secara efektif, untuk bawahan mereka dan mengerahkan upaya untuk mencapai tujuan organisasi.
  • Controlling (Pengendalian)
Fungsi pengendali dari manajemen memerlukan pemantauan kinerja sehingga memenuhi standar kinerja yang ditetapkan oleh organisasi. Pengendalian terdiri dari tiga langkah :
  1. Menetapkan standar kinerja
  2. Mengukur dan membandingkan kinerja aktual terhadap standar
  3. Mengambil tindakan korektif bila diperlukan

Sumber :

3.  FUNGSI MANAJEMEN MENURUT HENRI FAYOL
     
    Henri Fayol mendefinisikan lima fungsi manajemen untuk komponen manajemen dan masih terlihat sangat relevan untuk organisasi. Lima Fungsi ini berfokus pada hubungan antara karyawan dan manajemen dan mereka memberikan titik acuan sehingga masalah dapat diselesaikan dengan cara yang kreatif :
1)  Planning
Menurut Henri Fayol, menyusun rencana yang baik adalah menyusun lima fungsi manajemen yang sangat sulit. Hal ini memerlukan partisipasi dari seluruh organisasi. Waktu dan implementasi, perencanaan harus terhubung dan terkoordinasi pada tingkat yang berbeda.
2)  Organizing
Pengorganisasian dapat berfungsi jika terorganisir dengan baik. Harus ada cukup modal, staf, dan bahan baku sehingga organisasi dapat berjalan dengan baik. Struktur organisasi dengan Divisi baik sangat penting. Ketika jumlah fungsi meningkat, organisasi akan memperluas baik secara horizontal dan vertikal.
3)  Commanding
Mengoptimalkan kembali kepentingan seluruh perusahaan yang sudah dilakukan oleh karyawan. Manajer yang sukses memiliki integritas, berkomunikasi dengan jelas dan memiliki pengetahuan untuk memotivasi tim dan mendorong karyawan untuk mengambil inisiatif.
4)  Coordinating
Koordinasi bertujuan untuk memotivasi dan menyelaraskan pekerjaan-pekerjaan bawahan sehingga terdapat kerjasama yang terarah dalam usaha mencapai tujuan bersama atau tujuan organisasi.
5)  Controlling
Untuk mengetahui apakan semua kegiatan berjalan sesuai rencana dan mengidentifikasi kelemahan atau kesalahan oleh mengendalikan umpan balik.

Sumber :

4.  MANAJEMEN ROLE MENURUT MINTZ BERG

    Manajemen dimasukkan ke dalam setiap aspek dari sebuah organisasi dan melibatkan berbagai peran dan tanggung jawab. Henry Mintzberg (1973), Profesor Cleghorn studi manajemen di Universitas McGill, menetapkan peran manajemen dari sepuluh kategori kedalam dalam tiga kategori: 
a.   Interpersonal
b.   Informational
c.    Decisional
Masing-masing dari tiga kategori mencakup peran yang berbeda.
a.  Interpersonal
  • Figur Head (kepala figur) : manajer melakukan sejumlah tugas-tugas rutin yang bersifat sosial
  • Leader (Pemimpin) : manajer memotivasi dan mendukung bawahan, melakukan pelatihan dan tugas-tugas yang terkait
  • Liason (Penghubung) : manajer menghubungkan personal-personal di semua tingkatan manajemen dan memberikan informasi
b.  Informational
  • Mentor : Mencari dan menerima berbagai macam informasi dari dalam dan luar untuk mengembangkan pemahaman yang menyeluruh tentang organisasi dan lingkungan.
  • Disseminator : Mengirimkan informasi yang diterima dari luar atau dari bawahan anggota organisasi.
  • Spokesman: Berfungsi sebagai juru bicara untuk mewakili organisasi.
c.  Decisional
  • Entrepreneur : Pencarian organisasi dan lingkungannya dan memulai proyek-proyek perbaikan untuk membawa perubahan dalam organisasi
  • Disturbance Handler : Mengambil tindakan korektif ketika organisasi menghadapi situasi yang tak terduga
  • Resource Allocator : Mengalokasikan organisasi sumber daya dan menyetujui semua keputusan organisasi yang signifikan
  • Negotiator : Negosiasi untuk mewakili organisasi

Sumber :

5.  TEORI ORGANISASI KLASIK
a.  Henri Fayol
Rasa realisme yang besar dapat dilihat dalam karya Henri Fayol (1949) yang dijelaskan "prinsip manajemen" oleh organisasi secara efektif terkontrol.
1)         Division of work
Fayol melihat pekerjaan dibagi menurut keterampilan dan keahlian teknis, setiap item pekerjaan dapat diberikan kepada karyawan yang  mampu mengerjakannya.
2)         Authority and responsibility
Fayol mendefinisikan otoritas sebagai "hak untuk memberikan perintah dan kekuatan". Dia menekankan pentingnya menghubungkan otoritas untuk tanggung jawab.
3)         Discipline
Fayol mendefinisikan disiplin sebagai tanda ketaatan, aplikasi, energi, perilaku hormat kepada atasan.
4)         Unity of command
Setiap tindakan apapun, karyawan harus menerima perintah dari satu atasan saja.
5)         Unity of direction
Satu kepala dan satu rencana untuk kelompok yang memiliki tujuan yang sama.
6)         Subordination of individual interests to the general interest
Kesejahteraan secara keseluruhan untuk kepentingan organisasi, bukan untuk kepentingan antar individu.
7)          Remuneration of personnel
Fayol mencari beberapa prinsip dasar dalam metode pembayaran yang tetap perdebatan, memastikan remunerasi yang adil, tidak akan menyebabkan pembayaran yang berlebihan yang melampaui batas yang wajar.
8)         Centralization
Unsur sentralisasi harus selalu hadir. Perdebatan antara sentralisasi dan desentralisasi menjadi salah satu solusi yang tepat.
9)         Scalar Chain
Jaringan skalar adalah jaringan atau garis komando dari atasan ke bawahan
10)     Order
organisasi yang baik dan pilihan baik sebagai kebutuhan organisasi dengan sumber daya yang efisien
11)     Equity
Untuk mendapatkan keadilan dari karyawan, mereka harus diperlakukan sama rata
12)     Stability of tenure of personnel
Karyawan membutuhkan suatu periode stabilitas dalam pekerjaan untuk memberikan yang terbaik untuk mereka.
13)     Initiative
Fayol memikirkan masalah dan menerapkan solusi adalah pengalaman yang berharga yang berguna untuk meningkatkan motivasi.
14)     Esprit de corps
Manajemen harus mendorong keselarasan dan pemahaman yang tepat antara para pekerja.

b.  Max Weber
Teori manajemen Max Weber disebut teori manajemen birokrasi, dibangun pada prinsip-prinsip yang digariskan oleh Frederick Taylor dalam teori manajemen ilmiah. Seperti Taylor, Weber menganjurkan sebuah sistem yang berdasarkan standar prosedur dan perintah yang jelas. Max Weber memiliki elemen kunci dalam teori birokrasi ini, yaitu:
  • Peran yang didefinisikan secara jelas berdasarkan pekerjaan
  • Hirarki otoritas
  • Prosedur standar
  • Pencatatan teliti
  • Mempekerjakan karyawan jika mereka memenuhi kualifikasi tertentu untuk pekerjaan

c.  Marry Parker Follett
Menurut Marry Parker Follet dalam teori organisasi klasik terdapat hubungan manusia dengan tingkah laku. Didalam Organisasi terdapat sistem sosial dan aspek-aspek psikologis dan sosiologis. Dia menyarankan para manajer untuk menggunakan konflik secara konstruktif dengan menyarankan tiga cara untuk melakukan hal yang sama, yaitu:
·      Dominasi menyelesaikan konflik
·      Kompromi
·      Integrasi untuk menyelesaikan konflik

Sumber : 

6.  TEORI MACHIAVELLI

Machiavelli berpendapat bahwa raja-raja yang paling sukses bukanlah orang-orang yang bertindak menurut perintah hukum, atau keadilan, atau hati nurani, tetapi mereka bersedia melakukan apa pun yang diperlukan untuk mempertahankan kekuatan mereka sendiri - dan dengan demikian secara tidak langsung melestarikan urutan negara.
Machiavelli berpendapat  bahwa nilai-nilai yang tinggi, atau yang dianggap tinggi, adalah berhubungan dengan kehidupan dunia, dan ini dipersempit pula hingga kemasyhuran, kemegahan, dan kekuasan belaka. Machiavelli menolak adanya hukum alam, yang seperti telah diketahui adalah hukum yang  berlaku untuk manusia sejagat dan sesuai dengan sifat hukum, mengikat serta menguasai manusia.

Sumber :

7.  TEORI MAO ZEDONG

Mao Zedong merupakan fenomena penting dalam perkembangan teori revolusi. Pemikiran-pemikirannya merupakan alternatif bagirevolusi model Soviet yang bertumpu pada kekuatan dan kepemimpinan kaumburuh.
Satu hal yang menyebabkan Mao "lebih unggul" dari Lenin adalah gagasannya mengenai "perang gerilya".
Organisasi yang disiplin, kohesif, dan didukung struktur kepimimpinan yang hierarkis merupakan syarat berhasilnya tujuan yang dimiliki organisasi tersebut.

Sumber :

8.  FILOSOFI FREDERICK W.TAYLOR

Frederick Winslow Taylor adalah tokoh kontroversial dalam sejarah manajemen. Inovasinya dalam teknik industri, terutama dalam waktu dan gerakan studi, lunas peningkatan dramatis dalam produktivitas.
Unsur-unsur utama dari manajemen ilmiah adalah : "Fungsional studi waktu atau pengawasan khusus Standardisasi Alat dan mengimplementasikan standarisasi metode kerja terpisah perencanaan fungsi manajemen oleh prinsip pengecualian penggunaan".
Slide-aturan dan perangkat hemat waktu serupakan "kartu instruksi untuk pekerja tugas alokasi dan bonus besar untuk sukses kinerja penggunaan sistem asoned 'diferensial tingkat' untuk mengklasifikasikan produk dan mengimplementasikan routing sistem sebuah modern biaya sistem dll " Taylor disebut elemen-elemen ini "hanya unsur-unsur atau rincian mekanisme manajemen"dia melihat mereka sebagai perluasan dari empat prinsip manajemen :
·      pengembangan ilmu sejati
·      pemilihan ilmiah tukang
·      pendidikan ilmiah dan pengembangan tukang
·      akrab dan ramah kerjasama antara manajemen dan orang-orang

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar