Minggu, 07 Februari 2016

KREATIFITAS

Saat ini saya akan memposting tugas Kreatifitas dari matakuliah Teori Organisasi Umum, kreatifitas menurut saya keahlian yang ada dalam diri kita sendiri. Dan disini saya akan menunjukkan kreatifitas masak saya.
Disini saya akan membuat “Wedang Ronde” , walaupun wedang ronde merupakan minuman yang saya buat pertama kali namun menurut saya hasilnya maksimal.

WEDANG RONDE

Bahan-bahan :



Bahan wedang (1) :
·    750 ml Air putih (untuk merebus)
·    75 gr Gula pasir
·    2 Jahe, keprek
·    3 Serai, keprek
·    4 lembar daun pandan, memarkan

Bahan ronde (2) :
·    100 gr Tepung ketan
·    75 ml Air hangat
·    Pewarna coklat *selera*

Bahan isian (3) :
·    100 gr kacang tanah kupas, sangrai & haluskan
·    75 gr Gula pasir

Cara Membuat :
  1. Campurkan seluruh bahan wedang kedalam panci, didihkan hinga gula larut dan harum
  2. Campurkan seluruh bahan ronde kedalam sebuah wadah, aduk tepung ketan dengan air hangat hingga kalis. Adonan yang kalis yakni adonan yang lembab tapi tidak lengket di tangan. Jika masih terlalu kering dan pecah-pecah, tambahkan lagi air. Jika terlalu basah, tambahkan lagi tepungnya. Setelah semua sudah kalis, tambahkan pewarna yang diinginkan. Di resep ini saya akan membuat warna coklat, dan putih.
  3. Diwadah yang terpisah campurkan bahan isian ronde . Kacang yang telah disangrai ditumbuk hingga halus. Dan tambahkan gula agar isian lebih manis.
  4. Pipihkan adonan ronde di telapak tangan dan masukkan bahan isian ronde yang sudah dicampur di tengah adonan, lalu bulatkan adonan. Lakukan ini sampai adonan habis.
  5. Rebus bola ronde di air mendidih sampai mengapung. Jika sudah mengapung, berarti sudah matang dan bisa segera diangkat.
  6. Sajikan wedang ronde dengan kuahnya digelas ataupun mangkuk. Tambahkan kacang untuk menambahan dihidangan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar